October 19, 2020

(Event) Menonton Film Pendek Di Kampung Code


Keinginan untuk menyambangi Kampung Code, Jogja, jadinya terlaksana pada Sabtu (4/2) malam kemarin. Sudah tidak terhitung berapa kali melewati area pemukiman padat penduduk di samping Kali Code ini sedari pertama menjejakkan kaki di Kota Gudeng tiga tahun silam, tapi belum pernah sekalipun menyempatkan diri untuk melongok ke dalamnya. Kesempatan menjelajah Kampung Code tiba sehabis Cinetariz menerima anjuran untuk ikut menyemarakkan penayangan film-film pendek yang dikreasi oleh rekan-rekan dari Engage Media mengenai kehidupan masyarakat di kampung tersohor tersebut. 


Menggunakan pendekatan dokumenter, film-film pendek berpayungkan tema Aku Cah Code ini terbagi ke dalam lima segmen yang masing-masing berdurasi 3 menit. Segmen pertama bertajuk Melihat Code merekam pendapat masyarakat luar mengenai gambaran Kampung Code. Lalu segmen kedua berjudul Putus Sekolah bertutur perihal banyaknya generasi muda dari area Code yang terhenti kesempatannya mengenyam kursi pendidikan. Di segmen ketiga yang memakai judul Parkir, kita melihat upaya warga setempat untuk menertibkan parkir motor di Kamping Code. Dalam segmen Suara Tanpa Rokok yang berada di urutan keempat, si pembuat film mewawancarai warga yang memiliki dongeng jelek mengenai rokok. Sementara segmen epilog berjudul Melihat Dari Dekat, penonton disuguhi wajah Kampung Code dikala ini. 

Dihadiri oleh puluhan warga dari bermacam-macam tingkatan usia, dari bawah umur hingga kakek nenek, penayangan film di pinggir Kali Code ini berlangsung meriah. Pemutaran film ini sendiri merupakan salah satu dari rangkaian program yang diinisiasi oleh Muhammadiyah Tobacco Control Centre dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yakni kampanye Tunjukkan Warna Aslimu #SuaraTanpaRokok. Tujuan penyelenggaraannya yaitu memupuk kesadaran warga mengenai ancaman merokok. Disamping pemutaran film, volunteer dari banyak sekali negara, media, serta warga setempat yang mengikuti kampanye perihal mengontrol konsumsi tembakau melalui rokok ini turut diajak berkeliling kampung guna melihat wajah Kampung Code sekarang. 

Salah satu yang menarik perhatian yaitu atap-atap rumah warga dihiasi mural dengan tema #SuaraTanpaRokok yang berwarna-warni dan berpendar dalam kegelapan apabila kita melihatnya di malam hari. Kalau kebetulan kau melintasi Jembatan Gondolayu, Jogja, dan tidak sedang terburu-buru, sempatkan untuk menengok pemandangan di bawah jembatan. Ada objek cantik untuk difoto-foto dan dibagikan ke sosmed lho!