October 20, 2020

My Movie Life

 Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya MY MOVIE LIFE

Apakah Anda pernah membaca rubrik ‘My Movie Life’ di majalah Total Film? Itu yakni salah satu favorit saya. Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya. Asyik rasanya mengetahui fakta-fakta ‘kehidupan film’ dari orang film. Saya pun sering mendapatkan rujukan film yang cantik dari sana. Nah, kali ini Cinetariz ingin mengadaptasinya. Saya memang bukan orang film, tapi saya merasa selama ini Anda tidak tahu banyak mengenai saya; apa film yang suka, genre favorit sampai pengalaman ketika menonton film. Jika saya pernah menceritakannya, itu hanya sekilas. Maka mulai dari sini, saya ingin lebih terbuka kepada pembaca setia Cinetariz. Saya akan membeberkan fakta-fakta mengenai saya, yang tentunya masih berkaitan dengan film. Kemunculannya tidak sanggup dipastikan, tergantung mood saya dalam menulis, hahaha. Oke, di jilid pertama ini, saya akan menunjukkan sedikit fakta ihwal My Movie Life. Saya akan sangat bahagia jikalau Anda pun turur menyebarkan dengan meninggalkan komentar.

THE FIRST MOVIE THAT I REMEMBER SEEING Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya MY MOVIE LIFE

Saya tidak sanggup mengingat dengan terang film apa yang pertama kali saya tonton. Yang pasti, Batman Forever yakni film pertama yang saya tonton di bioskop. Waktu itu saya masih kelas 1 SD dan tidak terlalu mengerti ini film mengenai apa. Ruangan gelap, tokoh-tokoh yang menakutkan, dan sound berdentum dengan keras. Such a nightmare.

THE MOVIE THAT ALWAYS MAKES ME CRY Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya MY MOVIE LIFE

Film keluarga atau film ihwal keluarga selalu berhasil membuat saya menitikkan air mata lantaran saya yakni family person, haha. Taegukgi adalah salah satu contohnya. Saya sudah menonton film ini lebih dari tiga kali, namun tetap saja dada terasa sesak. Kehidupan sebuah keluarga yang serasi mendadak hancur disebabkan perang saudara. Hati ini pedih melihatnya.

THE MOVIE EVERYONE HATES BUT I LOVE Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya MY MOVIE LIFE

Mars Attacks! Teman-teman saya sesame pecinta film tidak ada yang menyukai film ini. Bahkan sahabat satu kontrakan saya pun menganggapnya sebagai film yang aneh. Kenyataannya, saya suka film ini. Sangat menyukainya. Mars Attacks! yakni film yang menciptakan saya jatuh cinta kepada Tim Burton. Seram, lucu, dan brilian!

THE FILM I SHOULD HAVE SEEN BUT HAVEN’T Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya MY MOVIE LIFE

Gone With the Wind. Sebagai mahasiswa Sastra Inggris, saya seharusnya sudah membaca novel karangan Margaret Mitchell yang legendaris ini, atau setidaknya versi filmnya. Rencana menontonnya gotong royong telah ada semenjak bertahun-tahun yang kemudian namun belum juga terealisasikan sampai ketika ini. Durasi filmnya yang konon mencapai 4 jam menciptakan nyali saya ciut terlebih dahulu, hahaha.

THE MOVIE THAT MAKES ME CRAZY Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya MY MOVIE LIFE

Jangan pernah menonton Revolver buatan Guy Ritchie. Itu yakni film paling jelek yang pernah saya tonton semenjak pertama kali saya menonton film. Luar biasa, saya ingin sekali mengambil sebuah revolver dan menembakkan ke kepala saya ketika menontonnya. Film ini maunya apa? Jalan ceritanya sangat susah untuk dipahami, bahkan mungkin saja hanya Ritchie yang paham. Bahkan sesudah saya membaca sinopsisnya di Imdb dan Wikipedia, saya tetap tidak paham.

THE MOVIE I LOVE BUT NO ONE’S HEARD OF Tidak pernah sekalipun saya melewatkannya MY MOVIE LIFE

Film ini luar biasa laku di Prancis, tapi di Indonesia hanya sedikit orang yang mengetahuinya, Bienvenue Chez Les Ch’tis. Berkisah ihwal seorang laki-laki yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya yang mempunyai kultur yang berbeda dengan daerah asalnya. Sebuah film yang sangat menghibur. Saya tidak sanggup berhenti tertawa ketika menontonnya. Beberapa waktu kemudian saya menontonnya kembali, film ini ternyata sedikit banyak seolah-olah dengan kisahku ketika KKN. Dialog favoritku, “a visitor cries twice up north: once on his arrival and once at his departure.”