October 22, 2020
Film / REVIEW / US

Review : The Expendables

Siapa yang tidak ingin tau ketika mengetahui sejumlah pemain drama ternama yang hidup di jalur acti REVIEW : THE EXPENDABLESSiapa yang tidak ingin tau ketika mengetahui sejumlah pemain drama ternama yang hidup di jalur action berhubungan untuk sebuah film action yang menjanjikan hiburan yang menyenangkan dan dikomandoi oleh Sylvester Stallone ? Rasanya hampir semua laki-laki dan para pecinta action bersemangat menantikan film tersebut. Menariknya lagi, proyek ambisius dari Sylvester Stallone tersebut didekasikan untuk genre action tahun 80-an yang penuh dengan ledakan, brutal, keras, menegangkan sekaligus menyenangkan tanpa peduli plot. Film berjudul The Expendables tersebut diramaikan oleh sejumlah bintang action yang mempunyai basis fans yang cukup kuat, semisal Sylvester Stallone, Jet Li, Jason Statham, Dolph Lundgren, Mickey Rourke, Eric Roberts, Gary Daniels sampai penampilan cameo dari Bruce Willis dan Arnold Schwarzenegger. Menggiurkan, bukan ? Sayangnya Van Damme, Kurt Russell dan Steven Seagal menolak untuk bergabung, padahal dengan hadirnya mereka mungkin The Expendables bakal lebih terasa menyenangkan dan tentu saja komplit. Ah, sayang sekali. Bahkan pemain drama laga favorit saya semasa masa kecil semacam Mark Dacascos, Chuck Norris dan Michael Dudikoff juga tak hadir.
Telah ditekankan sebelumnya bahwa The Expendables bukanlah film action yang mempunyai plot yang cerdas dan penting, kehadiran plot disini sendiri hanyalah sebagai embel-embel semata alasannya ialah jualan utamanya tentu saja adegan penuh agresi dan ledakan. Plot dari The Expendables tak berbeda jauh dari film kelas B yang biasa kita saksikan lewat televisi swasta mengisahkan wacana The Expendables, kelompok tentara bayaran yang dipimpin oleh Barney Ross (Sylvester Stallone), yang menerima anjuran dari seorang misterius berjulukan Church (Bruce Willis) untuk menggulingkan seorang diktator kejam yang berkuasa di Vilena, Jenderal Garza (David Zayas). Dapat ditebak, The Expendables pun terbang jauh ke Vilena untuk melakukan kiprah mereka dan lalu mengetahui bahwa sebetulnya Garza berada di bawah perintah James Munroe (Eric Roberts), mantan biro CIA. Tak lengkap rasanya jikalau film berangasan ibarat ini tak mempunyai huruf pemanis, maka Sylvester Stallone pun menghadirkan dua wanita, Lacy (Charisma Carpenter) dan Sandra (Gisele Itie) sebagai penyedap mata.

Siapa yang tidak ingin tau ketika mengetahui sejumlah pemain drama ternama yang hidup di jalur acti REVIEW : THE EXPENDABLES
Selama 103 menit, film yang menghabiskan biaya $82 juta ini menghadirkan menu action tiada henti yang keras dan brutal khas tahun 80-an. Bagi para pecinta action terutama yang merindukan film action zaman itu akan dibentuk bersorak sorai bergembira melihat para pendekar mereka bertarung melawan penjahat. Yang paling mengasyikkan tentu saja adegan final dimana The Expendables menghancurkan istana Vilena, penuh dengan tembakan, ledakan sampai pembantaian yang menyebabkan The Expendables terasa sedikit ibarat film slasher, haha. Tidak hanya pertarungan dengan senjata saja yang disuguhkan disini, mengingat ada nama Jet Li, tetapi juga menghadirkan seni bela diri kungfu yang menjadi keahlian dari Yin Yang (Jet Li). Bahkan Sylvester Stallone berbaik hati memberi Jet Li durasi yang cukup usang untuk memamerkan kemampuannya tersebut. Tidak begitu wah, tapi siapa yang peduli, alasannya ialah Jet Li sudah jarang muncul di film sejenis dan para fans kadung kangen berat dengan agresi dari idolanya ini.

Selain Jet Li, kehadiran Bruce Willis dan Arnold Schwarzenegger sebagai cameo juga merupakan salah satu yang ditunggu. Meskipun hanya tampil dalam satu scene, namun pertemuan Willis, sang Terminator dan Rambo di gereja sangat memorable, obrolan yang muncul disini pun cukup menggelitik terlebih ketika Sly menyindir Arnold, secara impulsif penonton dibentuk tertawa terbahak – bahak. The Expendables memang tidak dilengkapi dengan naskah yang berbobot, tapi untungnya obrolan yang hadir tidak cheesy banget, ada beberapa yang cukup cerdas dan menggelitik. Hal ini tentu tidak lepas dari kepiawaian Slvester Stallone dalam meracik skenario. Janggan anggap remeh Stallone dalam penulisan skenario, terbukti beliau pernah menerima nominasi Oscar di Rocky dan beberapa goresan pena beliau menghasilkan film yang bermutu. Sekali ini memang tak berhasil alasannya ialah selain segelintir obrolan cerdas tersebut, naskah The Expendables tergolong carut marut. Sly tidak memberi porsi yang berimbang bagi setiap pemain drama utama untuk berakting dan beberapa huruf kehadirannya terkesan dipaksakan, utamanya Sandra. Rasanya tanpa Sandra pun tak apa.

Memaksakan adanya drama di The Expendables justru merusak filmnya sendiri. Entahlah, tapi rasanya Stallone tak perlu memasukkan romansa dan drama penggugah emosi disini. Bukannya menciptakan The Expendables terlihat menawan, malah membuatnya menjadi semakin tak jelas. Mungkin maksud dari Stallone ialah ingin mengatakan bahwa tentara bayaran juga insan yang punya rasa dan hati, mengajak penonton bersimpati dan bergumam “So sweet”, “keren” dan lain sebagainya ketika Lee Christmas (Jason Statham) dan Barney mencoba menyelamatkan sang tambatan hati. Percayalah, itu sama sekali tak berhasil. Yang ada justru kebosanan total, menguap dan sibuk mengecek status Facebook atau Twitter ketika adegan ini berlangsung. Seandainya Stallone menambah porsi komedi alih – alih drama romansa nan mendayu – dayu kesudahannya mungkin saja lebih menarik. Adegan aksinya saja terkadang terlihat konyol, masa masih ditambah dengan drama tak menggigit yang menggelikan juga ? Ah, bung Stallone. Ada baiknya kalian menyaksikan film ini tanpa ekspektasi apapun sehingga The Expendables sanggup lebih bisa dinikmati alasannya ialah percayalah nama besar pemain dan kru bukanlah jaminan. Berharap banyak ke The Expendables hanya akan melahirkan kekecewaan dan perasaan tidak puas saja.

Nilai = 5/10

Siapa yang tidak ingin tau ketika mengetahui sejumlah pemain drama ternama yang hidup di jalur acti REVIEW : THE EXPENDABLESSiapa yang tidak ingin tau ketika mengetahui sejumlah pemain drama ternama yang hidup di jalur acti REVIEW : THE EXPENDABLES